TKDD APA SIH?



TKDD WHAT?

TKDD adalah Transfer ke Daerah dan Dana Desa yang selanjutnya disingkat TKDD adalah bagian dari Belanja Negara yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada Daerah dan Desa dalam rangka mendanai pelaksanaan urusan yang telah diserahkan kepada Daerah dan Desa dari, hal tersebut bahwa TKKDD merupakan alokasi dari APBN kepada APBD dan  Desa untuk kepentingan Perimbangan keuangan Pusat dan Daerah dan demi terlaksananya program Program yang ditetapkan menjadi Prioritas Nasional.

atau disederhanakan sebagai berikut;

Transfer ke daerah dan danadesa merupakan belanja negara yang diberikan kepada daerah untuk mendanai pelaksanaan desentralisasi fiskal dan otonomi daerah,serta pembangunan desa

What for?

TKDD dimaksudkan sebagai upaya untuk;

“TKDD diarahkan untuk mendukung perbaikan kualitas layanan dasar publik di daerah, akselerasi daya saing, dan mendorong belanja produktif yang dapat meningkatkan aset daerah”

yang tujuannya kepada hal hal berikut;
qMempercepat penyediaan infrastruktur publik dan penguatan kualitas SDM, terutama melalui bidang pendidikan, kesehatan, air minum, perlindungan sosial, dan konektivitas antarwilayah.
qMeningkatkan daya saing melalui inovasi, kemudahan berusaha, tata kelola pemerintahan, dan kebijakan insentif yang mendukung iklim investasi.

qMeningkatkan produktivitas terutama berorientasi ekspor melalui pengembangan potensi ekonomi daerah.

Lalu Bentuknya berupa Apa Dong?


How (Gimana sich Alurnya ampe ke Daerah)

gini nih alurnya tapi untuk DAK FISIK yah sebagai contoh, mengingat TKDD itu terdir dari macam macam Alokasi seperti DAU,DAK FISIK,DAK NON FISIK,DANA DESA, DID,DAN BANYAK LAGI MACAM DBH GITU, pokoknya banyak deh, yang masing masing itu punya mekanismenya,prosedur penyalurannya waktu dari usulan sampai dengan tahap pelaksanaanya, jadi atas dasar itu saya ambil contoh yang mudah aja deh ,yaitu alur pada DAK FISIK , gtu gan.

terus kalau dari sisi waktu Penyalurannya gimana? biar deh contohnya buat DAK FISIK dulu bro gak papa kok.?

gini yah perhatiin nih gambar yang ane dapet dari Bimtek yang baru lalu yah, kalau ternyata ada khilaf nah ente bisa konfirmasi tuh sama yang nyampein di bimtek, gini nih tahapannya untuk DAK FISIK Bro katenyne dasarnye dari PMK-130/PMK.07/2019 ente dah baca belom?(he he he gayanya orang perimbangan ane pake bos);




Nah gitu Tahapanye bos, bedakan untuk 2020 dibanding tahun kemaren, tau kagak bedanya bro?,nih yang jelas di tahap dua ntu, kalau kemaren gak ada tambahan kondisi di tahun eni ada ketentuan kalau salurnya lebih kecil atau sama dengan 25% dari kontrak , nah siap siap deh nangis gara gara kagak salur atau gampanyannya yang boleh salur , setidak tidaknya nih lebih dari 25% penyaluran dari kontrak dengan maksimal 70% kontrak bos, nah yang perlu ente inget salurnya itu bukan selisih pagu ye, tapi selisih nilai kontrak dari nilai salur tahap I bro.

Nah atu lagi bedanya bro ade pada Penyaluran yang direkomendasikan ama K./L tuh, kalau tuh K/L ngeremodasikan penyalurannye semuanye sekaligus, nah nyang dipake dasarnya adalah nilai kontrak bro bukan nilai pagu sekaligus, kaya nyang kemaren "jadi emang beda ama kemaren" DAN Kalo tuh K/L ngeremondasikannya sebagiannye sekaligus lalu yang laennya kagak sekaligus, maka penyaluran yang sekaligusnye dasarnya adalah BAST bro, oke bro got it dong ente ente pade kan pade cespleng otaknye.

dan atuh lagi tuh nyang namenya APIP eh dikuatin deh mekanismenya, tapi sanyangnye nyang 5% untuk laen2 kagak termasuk apip bos, itu kate narsum kemaren bro, bukan kate ane. nih mekanisme Reviu APIP yang dikuatin kayak gini Bos;


nah tahapanya barang kaya ginian bro;


Sory ye, ampe disini dulu ceritanya , sory sory kate kalo ade nyang kurang pas, ente bisa nambahin dikomen kali. makasih


2 comments:

  1. biar kate garing,nyang penting ane kagak nyimpen, dan ude ane sampein Bro

    ReplyDelete
  2. Satu hal lagi, untuk T.A 2020 ini Penyaluran DAK FISIK, untuk Bidang yang tidak mempunyai sub sub bidang maka penyalurannya per Jenis Kewenangan dan Per Bidang, untuk yang Bidang yang mempunyai sub sub bidang maka penyalurannya per sub bidang.
    dan adanya kewajiban untuk melampirkan Foto atas tiap tiap kontrak serta melakukan GEOTAGING pada SP2D terakhir pada tiap tiap kontrak, yang tidak dapat melakukan GEOTAGING disebabkan kendala Jaringan dalam mencatatkan Koordinat secara manual dengan melampirkan Foto( informasi berdasarkan narsum)

    ReplyDelete

berkomentar yang sopan dan tertib

Text Widget

selamat datang
Dagri mf. Powered by Blogger.