Teknologi Informasi
Mengoptimalkan Teknologi Informasi untuk memasarkan Produk Unggulan di Desa
Mengoptimalkan Teknologi Informasi untuk memasarkan Produk Unggulan di Desa
Sejalan perkembangan Teknologi Informasi, maka menjadi keniscayaan bahwa teknologi Informasi tersebut bila dapat dioptimalkan pada akhirnya akan mendorong percepatan pertumbuhan Perekonomian di Desa, sebut saja Metode Market Place yang selama ini banyak digunakan oleh sebagian kalangan pebisnis dalam memperkenalkan produk produknya yang sekaligus menciptakan networking dalam pemasaran secara virtual , hal ini tentu saja dapat diadopsi di Desa Desa untuk percepatan pemasaran dari Produk Produk di Desa dengan catatan;
- Penyediaan Jaringan Internet murah yang dapat diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten , internet murah dapat diposisikan pada spot spot sentral Produk Produk dari Desa
- Mendorong sektor UMKM untuk bereloberasi mengembangkan Pemasarannya melalui market Place tersebut.
- Membuat Kelompok Kelompok masyarakat di sekitarnya untuk menjadi bagian dari kegiatan tersebut, termasuk pelaku usaha di sentra industri rumahan.
Hal ini sejalan dengan pemikiran dari Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT yang mendorong Deskranada untuk menggandeng Shopee Market Place, namun sebenarnya tidak harus menggandeng Market Place yang sudah punya nama, dengan memanfaatkan putra putra daerah yang memiliki kemampuan dalam teknologi informasi, dengan memanfaatkan server-server gratisan yang ada pun, juga akan mampu menciptkan Pasar virtual yang tidak kalah bagus dengan pemain nasional, namun bila terdapat server yang berbayar itu lebih baik dan aman, toh cost dalam membangung web jejaring sosial relative masih sangat murah;
Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi ini diharapkan proses pemasaraan jauh lebih cepat, dan mampu menembus pasar di daerah lain, yang selama mungkin menjadi kendala bagi masyarakat pedesaan.
sedangkan model dari jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pasar virtual ini /market placed adalah sbb;
a. Layanan partisipasi pelanggan dan polling .
b. Kontribusi organisasi indusrti khusus.
d. Integrasi smartphone ponsel
e. Beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung.
f. Layanan web target pemasaran
g. Search engine optimization (SEO)
h. Sosial media optimasi (SMO)
i. Televise dan radio
No comments
berkomentar yang sopan dan tertib